Keberadaan penyelenggara program air minum dan sanitasi perdesaan yang berkapasitas dan tersebar merata di seluruh Indonesia menjadi sangat penting untuk mencapai tujuan tersebut. Untuk meningkatkan kapasitas penyelenggara program, diperlukan berbagai opsi sistem pembelajaran yang terukur dan mudah diakses.

Pada program Pamsimas III diharapkan setiap tenaga pendamping baik fasilitator dan konsultan setelah mengikuti pelatihan, dapat: (i) Mempunyai kesamaan pemahaman tentang tujuan, konsep, dan prinsip dasar dari implementasi program Pamsimas III; (ii) Mempunyai kesadaran kritis terkait dengan proses fasilitasi masyarakat yang dilandasi dengan etika, norma, dan aturan/prosedur yang dimiliki dalam program Pamsimas; (iii) Mempunyai keterampilan yang baik untuk memfasilitasi masyarakat dalam rangka mencapai target akses universal sarana air minum dan sanitasi di tingkat desa, terutama melalui program Pamsimas dan (iv) Mempunyai kesadaran untuk terus menjalani proses pembelajaran secara terus menerus (continuous learning) dengan memanfaatkan berbagai saluran belajar yang disediakan oleh program Pamsimas.


Paket CB Online ini merupakan bagian dari Sistem Pengembangan Kapasitas Sektor Air Minum dan Sanitasi Perdesaan yang terdiri dari:

1. Belajar mandiri, menggunakan perangkat multimedia berbasis internet, dan

2. Belajar bersama, untuk pendalaman pemahaman dan keterampilan, dilakukan secara tatap muka dan didukung sistem multimedia berbasis internet.

3. Pemantauan Pengembangan Kapasitas.


Ketentuan Umum

1. Setiap personil Program Pamsimas (Konsultan ROMS, Fasilitator Senior dan Fasilitator Masyarakat) yang akan menggunakan aplikasi CB Online harus mempunyai username dan pasword.

2. Untuk dapat mengikuti Kegiatan Belajar Bersama setiap tenaga fasilitator harus melakukan Kegiatan Belajar Mandiri dengan melakukan login terlebih dahulu pada aplikasi CB Online.

3. Apabila belum mempunyai username dan password, pastikan apakah sudah terdaftar pada Aplikasi HRM karena setiap personil Pamsimas wajib melakukan registrasi pada aplikasi HRM dan akan mendapatkan username dan password. Apabila lupa username dan password maka lakukan proses seperti yang terdapat pada aplikasi HRM.